Friday, June 7, 2013

Pentingnya Pendidikan Kependudukan Bagi Semua Orang

Pendidikan Kependudukan
Kependudukan merupakan hubungan antara perubahan penduduk dengan berbagai faktor sosial, ekonomi, politik, biologi, genetika, geografi,lingkungan dan lain sebagainya. Sedangkan Pendidikan adalah usaha sadar terencana mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didiksecara aktif mengembangkan potensi dirinya  untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilam yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Mendengar kedua istilah Pendidikan Kependudukan memang selayaknya di perbincangkan. Masalah yang sangat berkaitan erat dengan kwalitas dan kwantitas hidup masyarakat ini merupakan salah satu factor tercapainya kehidupan masyarakat yang bahagia dan sejahtera.
Tujuan dari pendidikan kependudukan yaitu untuk mengembangkan dan meningkatkan kesadaran tentang konsep kependudukan, mengetahui masalah yang terjadi pada kependudukan, mengatasi masalah yang terjadi didalam kependukan dalam pengembangan program-program yang ada, mengajak agar semua orang peduli dengan masalah kependudukan Mengajak peka terhadap lingkungan sosialnya berpengetahuan dan berwawasan serta berpasrtisipasi didalamnya.
Pendidikan kependudukan merupakan usaha yang lakukan agar khalayak umum mengerti tentang peledakan penduduk yang ada di Indonesia. Agar masyarakat sadar tentang pertumbuhan penduduk yang makin hari makin cepat yang menimbulkan banyak masalah di berbagai sector.  Meskipun sebagaian orang sadar akan pendidikan kependudukan, namun tidak sedikit yang mengabaikanya. Masyarakat sadar tapi tidak mengerti kesadaran dalam pikiran tidak laksanakan dalam kenyataanya, dan hal semacam itu yang membuat masalah secara tidak langsung.
Fenomena masalah kependudukan memang sudah difikiran oleh pemerintah, menacari solusi yang terbaik dalam pemecahan masalah kependudukan ini. Disisi lain masyarakat sebagian tidak memperdulikanya entah karena banyak alasan maupun factor-fajtor tertentu. Kebanyakan masyarakat yang berpendidikan rendah dan social ekonomi yang rendah belum paham tentang pendidikan kependidikan.

Seperti definisi kependudukan tadi mencakup berbagai factor terutama status social dan ekonomi yang ikut andil dalam masalah yang terjadi di dalam pendidikan kependudukan. Disini pemerintah harus bekerja extra dalam menghadapi masalah tersebut. Mengajak masyarakat peduli akan pentingnya pendidikan kependudukan mengadakan program-program tepat guna, salah satu diantaranya adalah program Keluarga Berencana yang merupakan bagian dari pendidikan kependudukan. Mengajak masyarakat untuk berpartisipasi didalamnya untuk mencapai keluarga bahagia dan sejahtera

1 comment: